we can do it better .. !

we can do it better .. !

Jumat, 04 Desember 2009

Jaringan WAN

Apa sih Jaringan WAN itu?????

WAN atau wide area network adalah suatu jaringan yang menghubungkan antara LAN (local area network) yang berbeda geografisnya dan saling berjauhan. Jadi dapat dikatakan bahwa WAN yang digunakan untuk jaringan yang geografisnya sangat luas. Seperti sebuah perusahaan yang memiliki banyak cabang didaerah yang masing-masing daerah tersebut memiliki suatu jaringan LAN.

WAN diimplementasikan untuk mentransfer data yang diolah pada LAN kepada jaringan yang membutuhkan data tersebut juga. Jadi dapat dikatakan bahwa WAN adalah suatu jembatan penghubung antara LAN yang satu ke LAN yang lain yang menggunakan kecepatan tinggi dan sangat akurat. WAN juga memungkinkan untuk menggunakan sistem operasi yang sama.

Teknologi WAN menghubungkan perangkat2 WAN yang termasuk didalamnya adalah:

  1. Router, menawarkan beberapa layanan interkoneksi jaringan-jaringan dan port-port interface WAN
  2. Switch, memberikan koneksi kepada bandwidth WAN untuk komunikasi data, voice, dan juga video.
  3. Modem, yang memberikan layanan interface voice, termasuk channel service units/digital service units (CSU/DSU) yang memberikan interface layanan T1/E1; Terminal Adapters/Network Termination 1 (TA/NT1) yang menginterface layanan Integrated Services Digital Network (ISDN).
  4. System komunikasi dalam teknologi WAN menggunakan pendekatan model layer OSI untuk encapsulation frame seperti halnya LAN akan tetapi lebih difocuskan pada layer Physical dan Data link.

Sifat WAN

Wide Area Network memiliki beberapa sifat yang umum diantaranya topologi LAN yang membentuk konfigurasinya.

Sifat-sifat WAN yaitu ::

  1. Fleksibilitas (keluesan)

artinya WAN dapat melayani berbagai hardware dan software di dalam pengoperasiaannya.

  1. Kecepatan,

kecepatan tranmisi data akan berpengaruh pada jalannya operasi yang berlangsung pada jaringan.

  1. Realiabilitas (keandalan)

WAN dapat mengakses ke jaringan berdasarkan hak akses yang telah ditentukan oleh administrator jaringan. Apabila WAN mengalami kegagalan di dalam sistem maka dapat dihilangkan tanpa menghilangkan pekerjaan dan file server.

  1. Hardware dan software pada masing-masing jaringan dapat digunakan bersama-sama

maksudnya LAN A dapat menggunakan LAN B dalam kesamaan waktu yang tentunya harus memiliki akses jaringan tersebut.

  1. Adaptasi (kemampuan untuk beradaptasi diri)

yaitu WAN mempunyai kemampuan menyesuaikan dengan hardware yang terpasang dan dapat dengan mudah mengkonfigurasi ulang jika ada peralatan baru.

  1. Keamanan

untuk menghindari hal yang tidak dikehendaki pada WAN, maka dipasang password sebagai pengamanan juga diterapkan pada hardware yang terpasang pada masing-masing LAN.

Komponen WAN

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan WAN yaitu:

1. Software

Pada pemasangan jaringan WAN yang diperhatikan adalah software yang digunakan untuk menghubungkan antara jaringan tersebut. Biasanya software yang digunakan untuk menghubungkan antara jaringan tersebut sudah tersedia didalam sistem operasinya.

2. Hardware

Pada pemasangan jaringan WAN, perangkat keras kompabilitas dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Faktor ini tidak lepas dalam kualitas perangkat keras tersebut. Sebaiknya dalam pemilihan perangkat keras harus sesuai dengan standard internasional sehingga dapat digunakan dan berinteraksi dengan hardware lainnya. Selain itu kita juga harus memperhatikan kecepatan transfer data pada perangkat keras yang digunakan. Hal yang paling pokok adalah mengetahui secara mendalam tentang kehandalan perangkat keras tersebut. Berikut ini adalah contoh dari perangkat keras yang digunakan dalam menyusun suatu jaringan WAN:

1. Hub

2. Reuters

3. Kabel data

4. Kabel koaxil

5. Modem

6. Server

7. Workstation

3 Protokol

Pada jaringan yang sebenarnya mengenai dua jenis protokol yaitu TCP/IP dan IPX. Tetapi yang paling sering digunakan untuk interkoneksi adalah TCP/IP karena kecepatannya, sedangkan IPX biasanya digunakan untuk jaringan lokal saja.

Media Yang Digunakan

Media yang digunakan untuk menghubungkan antara LAN yang satu ke LAN yang lainnya sehingga terbentuk WAN adalah sebagai berikut:

  1. VSAT

Media ini sangat handal dalam menciptakan suatu hubungan antara host yang
satu ke host yang lain, karena menggunakan hubungan satelit sehingga kecepatan datanya cukup baik. Dengan menggunakan VSAT bukan hanya data saja yang dapat ditransfer tetapi Voice (suara) juga dapat dilakukan. Akan tetapi VSAT juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

a. Sering jatuhnya (down) hubungan ke satelit sehingga mengakibatkan
data sering hilang dan sering mengganggu proses kerja jaringan.

b. Untuk teknologi VSAT indonesia masih tertinggal jauh sehingga
teknologinya masih sangat standar.

c. Biaya untuk menyewa suatu hubungan ke remote site sangat mahal.

d. Sedikitnya perusahaan yang menjadi penyewa untuk VSAT, sehingga
customer merasa kesulitan untuk mengadakan perbandingan-perbandingan untuk meningkatkan kualitas seperti yang diharapkan

  1. Fiber Optik

Menciptakan hubungan dengan mengunakan media ini cukup bagus kualitas datanya dan murah, akan tetapi di indonesia perusahaan yang menjadi penyewa
sangat sedikit sekalidan daerah yang terjangkau juga sangat terbatas.

  1. Dial up

Jenis Dial up ini biasanya digunakan pada perusahaan yang kecil-kecil saja dimana diantara cabang dan pusat tidak terlalu sering didalam pertukaran datanya. Dial up modem ini sangat sederhana sekali kita hanya cukup menyediakan line telephone, modem, dan sebuah terminal dan sama juga halnya untuk dicabang. Setelah itu kita dapat saling bertukar data atau informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar